10 Alasan Lionel Messi Menjadi Pemain Terbaik Dunia

Halo sahabat AN's blog .. Pada postingan kali ini saya akan posting tentang kehebatan Messi dan alasan kenapa sih Lionel Messi layak menjad pemain terbaik dunia saat ini.. Langsung aja !

Harian Inggris The Telegraph pernah merilis daftar alasan mengapa Lionel Messi merupakan pemain terbaik dunia. Saat itu, Messi belum meraih 4 Ballon D'Or seperti pencapaiannya sekarang. Namun agaknya 10 alasan tersebut masih relevan hingga saat ini. Penasaran? Mari kita simak berikut ini.



1. Balance

Keseimbangan: Dengan tinggi 169 cm, Lionel Messi sedikit lebih tinggi 4 cm dari idolanya Diego Maradona, dan secara menakjubkan memiliki keseimbangan dan kekuatan tubuh kaki yang sama, sebagaimana ditulis Mike Norrish, editor digital Telegraph Sport. Hal ini memungkinkan Messi untuk bergerak lateral pada kecepatan luar biasa, itulah sebabnya ia melesat dengan mudah melewati bek lawan.

2. Composure


Ketenangan: Messi jarang membuang peluang saat sudah di dekat gawang, dan jarang sekali langsung menembak. Saat telah di area penalti, ia seringkali menunggu penjaga gawang bereaksi sendiri sebelum Messi mencongkel bola ke atasnya dan masuk ke gawang.

3. Kontrol 

 
Kontrol: Seperti semua pemain hebat, Messi tak perlu satu sentuhan hanya untuk mengontrol bola. Justru sentuhan pertamanya sering berfungsi sebagai tahap awal lonjakan berbuah gol. Perhatikan cara Messi menerima umpan saat melawan AC Milan di leg kedua Liga Champions musim ini. Pada saat sentuhan kedua, ia sudah berada di ruang tembak yang langsung berbuah gol.

4. Dribbling


Dribbling: Jika ada satu kelebihan yang membedakan Messi di atas pemain bintang lainnya, kemampuan itu adalah dribbling. Kemampuan melewati sejumlah pemain bertahan secara berturutan membuatnya benar-benar pemain berbakat yang unik, dan hampir tak terbendung. Sama seperti Maradona, Messi adalah pemain kidal yang jarang menggunakan kaki kanannya saat mencapai kecepatan penuh. Tapi kontrol magnetik bola dengan kaki kirinya begitu luar biasa sehingga memungkinkan ia membawa bola masuk ke dalam, ke luar, atau melalui celah kaki bek.

5. Generosity

Tidak pelit: Dengan status sebagai top skor klub, yang cukup mengejutkan adalah jumlah assist Messi yang cukup tinggi. Hampir separuh dari gol yang dicetak oleh David Villa merupakan assist dari Messi. Tak hanya Villa yang kebagian, rekan-rekannya yang lain pun turut merasakan umpan di depan gawang yang memudahkan terjadinya gol.

6. Passing
 

Passing: Messi bukan pemberi umpan terbaik di Barca. Kehormatan itu mungkin milik Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Namun, Messi memiliki visi dan kemahiran untuk memilih saat yang tepat mengeksekusi umpan yang berbuah mematikan bagi lawan.

7. Power

Power: Messi lebih menyukai gol berteknik daripada yang bertenaga. Namun bukan berarti Messi tak bisa menendang sepenuh tenaga sama sekali, salah satu contohnya adalah gol ketiga Barcelona pada final LC 2011 di Wembley, London, pada kemenangan 3-1 atas Manchester United.

8. Speed

Kecepatan: Dengan postur tubuh yang kecil nan cocok sebagai pelari cepat, Messi memiliki akselerasi yang luar biasa bahkan dari posisi awal berdiri. Dia menerobos keluar dari hadangan lawan dan mencapai kecepatan penuh dalam jarak lima meter, jenis kecepatan yang membuat pemain bertahan kesulitan dalam menghadapinya. Langkahnya yang pendek berarti juga dia mampu mengubah arah dengan kecepatan yang mengerikan sekaligus menjaga penguasaan bola.

9: Awareness 


Kesadaran: Tidak seperti pemain dengan kemampuan dribbling alami lainnya, Messi terus mengangkat kepalanya saat bergerak. Ini memberinya banyak pilihan, jadi jika rekan setimnya telah menemukan celah, Messi akan melepaskan bola dengan cekatan, kemudian bergerak untuk menerimanya lagi, gerak one two yang mirip fly-half di rugby. Dengan rekan-rekan yang cerdas di sekelilingnya, gerak Messi ini jarang berakhir sia-sia.

10: Strength

Kekuatan: Messi saat kecil didiagnosis menderita kekurangan hormon pertumbuhan, pada masa-masa itu ia telah mulai bermain bola yang berarti ia telah belajar bagaimana caranya menangani pemain lawan yang lebih besar dan lebih kuat. Pelajaran ini tetap dibawanya sampai menjadi pemain profesional. Karena saat ia jatuh, ia akan berusaha menggunakan kedua kakinya hingga kedua tangannya kalau perlu untuk menjaga tubuhnya tidak terjatuh, ataupun kalau terjatuh, kakinya masih bergerak berusaha menguasai bola dan tangannya bersiap mendorong ke atas agar ia bisa kembali berdiri dan berlari seolah tak terjadi apa-apa.

Lionel Messi peraih Ballon d' Or
Disadur dengan penyesuaian dari telegraph.co.uk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar