Tiga Hal Yang Mesti Anda Ketahui Sebagai Atlet Futsal

Pengalaman adalah guru terbaik. Itu dulu.
Sekarang? Pembelajaran adalah guru terbaik.



Percuma jika Anda menjalani suatu hal selama bertahun-tahun secara robotic, tanpa berusaha mengambil pembelajaran darinya.
Itu sama saja Anda mengulang-ulang tindakan yang sama.
Dan hasilnya? Tentu hasil yang kemungkinan besar sama pula.
Seorang bijak pernah mengatakan, “ketidakwarasan adalah tatkala seseorang mengharapkan hasil berbeda dengan melakukan hal yang sama berulang-ulang”.
Jadi? Pembelajaran apa yang telah Anda dapatkan dari pengalaman berfutsal selama ini?
Pembelajaran yang akan bermanfaat bagi perjalanan kompetitif Anda bersaing di kompetisi kampus? 
Atau bahkan sampai setelah itu? 
Entah di level turnamen musiman, atau bermain dalam sebuah liga mahasiswa, ada beberapa hal di antaranya yang mesti Anda ketahui untuk meraih kesuksesan di dalam dan di luar lapangan.
Berkompetisi berarti menjadi atlet
Dengan bergabung ke dalam sebuah klub, entah unit kampus atau ‘tim independen’, Anda sudah membedakan diri dari para penghobi semata yang jumlahnya bejibun.
Tak peduli dari mana level Anda memulai, tapi dengan berkompetisi berarti Anda adalah seorang atlet. 
Atlet karena berlatih secara rutin. Atlet karena berebut masuk daftar pemain. Dan atlet karena Anda telah berkomitmen mengikuti tuntutan tim yang tidak ringan.
Menjadi atlet butuh komitmen
Menjadi atlet butuh komitmen. Untuk masuk tim Anda dituntut berlatih keras, menyesuaikan diri dengan sistem permainan, dan disiplin di luar lapangan.
Di saat penghobi futsal bebas bermain kapanpun mereka mau, Anda mesti berkomitmen menghadiri sesi latihan dengan rutin. Siap menghadapi persaingan, dan tidak mudah menyerah walau gagal seleksi ataupun minder dengan pemain berlevel tinggi.
Di saat penghobi futsal ada yang menjalani pola hidup tak sehat di luar lapangan, Anda tidak melakukannya untuk memenuhi tuntutan tim. Berhenti merokok, begadang, makan sembarangan, hingga merutinkan olahraga setiap harinya. 
Di luar negeri itu sudah lumrah sebagai sport science, masalahnya tinggal siapa yang benar-benar menjalankannya dan menginginkan kesuksesan.

0 Comments

S Pink Premium Pointer Cool Blue Outer Glow Pointer