Kewirausahaan SMA Kelas X

PENGERTIAN, ASAS POKOK KEWIRAUSAHAAN DAN KLASIFIKASI  WIRAUSAHA.
a.     Pengertian
1.        Kewirausahaan adalah semangat, sikap, prilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani  usaha dan atau kegitan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
2.        Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.
3.        Pengusaha adalah seseorang yang berusaha mencari keuntungan dengan memiliki dan mengelola sendiri perusahaannya atau bersama-sama orang lain dengan atau tampa bantuan manajemen profesional.
4.        Memasyarakatkan Kewirausahaan adalah suatu upaya yang konsepsional, sistematis, massal dan berkesimbungan kepada dan atau oleh masyarakat melalui proses pengenalan, peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kewirausahaan di dalam masyarakat.
5.        Membudidayakan Kewirausahaan adalah suatu upaya yang konsepsional, sistematis dan berkesenambunagan melalui proses pemiliharaan, peningkatan, pengembangan kewirausahaan.
6.        Wirausaha handal adalah Wirausaha yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan yang cukup baik untuk dapat mendirikan, memiliki dan mengelola perusahaan yang resikonya tidak begitu besar dan kegiatan usahanya belum begitu kompleks.
7.        Wirausaha tangguh adalah wirausaha yang mempunyai semangat, sikap , perilaku dan kemampuan kewirausahaan yang baik untuk dapat mendirikan, memiliki dan mengelola perusahaan yang resikonya cukup besar serat kegiatan usahanya cukup kompleks.
8.        Wirausaha unggul adalah wirausaha yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan, memiliki, dan menangani perusahaan yang resikonya besar serta kegiatan usahanya cukup kompleks.
b.   Asas Pokok Kewirausahaan
Asas pokok kewirausahaan adalah :
1.        Kemampuan yang kuat untuk bekerja dengan semangat kemandirian.
2.        Kemauan dan Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis termasuk keberanian mengambil resiko usaha.
3.        Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif.
4.        Kemampuan bekerja secara teliti, tekun dan produktif.
5.        Kemauan dan kemampuan untuk berkarya dalam kebersamaan berlandaskan etika bisnis yang sehat.
c.        Klasifikasi  Wirausaha

Wirausaha dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :

1.       Wirausaha Handal

Ciri dan kemampuan wirausaha handal :
a.        Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha   penghasilan dan keuntungan;
b.        Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan hal-hal yang perlu untuk memanfaatkannya.
c.        Mau dan mampu berkerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan atau jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efesien;
d.        Mau dan mampu berkomunikasi dalam melakukan tawar menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak yang mempunyai pengaruh yang besar dalam kemajuan usaha.
e.        Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat dan disiplin;
f.         Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya secara luas dan tangguh tetapi cukup luwes dalam melindunginya.
g.        Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan     dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan resiko yang moderat.
h.        Berusaha  mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkempentingkan terhadap perusahaan.
2.       Wirausaha Tangguh
Ciri dan kemampuan wirausaha tangguh adalah ciri
dan kemampuan wirausaha Handal ditambah ciri dan kemampuan sebagai berikut :
a.        Berpikir dan bertindak strategik, adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan, termasuk yang menangung resiko agak besar dan dalam mengatasi masalah.
b.       Selalu berusha  untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan  langganan.
c.        Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta  meningkatkan kemampuan pengendalian  dengan sistem pengendalian intern.
d.       Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan, terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.
3. Wirausaha Unggul.
Ciri dan kemampuan wirausaha unggul adalah ciri dan kemampuan wirausaha  tangguh ditambah ciri dan  kemampuan sebagai berikut :
a.        Berani mengambil resiko serta mampu  menghadapinya dengan penuh perhitungan;
b.       Selalu  berupaya  mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan , pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara;
c.        Antisipasi terhadap perubahan dan akomodatif  terhadap lingkungan ;
d.       Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar dan meningkatkan produktivitas dan efesiensi.
e.      Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi baru diberbagai bidang.

Share:

1 komentar

S Pink Premium Pointer