Strategi Futsal

Futsal adalah olahraga yang paling banyak digandrungi pemuda di Indonesia, khususnya Jakarta.saking besarnya animo pemuda di jakarta terhadap futsal, banyak dibuat turnamen-turnamen futsal di DKI Jakarta dengan mengikutsertakan anak SMA, mahasiswa, atau karyawan sebagai peserta turnamen. dengan hadiah yang cukup menggiurkan seperti uang tunai jutaan rupiah.
Turnamen futsal tidak bisa disamakan dengan main futsal biasa di arena futsal, permainannya lebih sengit, operan-operan yang dibuat sangat teratur, tembakan yang dilancarkan juga sangat terukur dan dengan ruang tembak yang strategis. hal itu terjadi karena para pemain sudah klop satu sama lain, sudah terlaith, dan satu lagi dapat menerapakan STRATEGI.
Dari pengalaman saya bermain futsal, sparing, dan turnamen, dan juga dari pemikiran saya. saya mempunyai beberapa strategi yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog ini saat turnamen atau sparing

Formasi
sebelum memasuki materi strategi, kita tentukan dahulu formasi mana yang akan jika gunakan

2-2
formasi ini adalah formasi dengan 2 pemain belakang dan 2 pemain depan, gunannya adalah untuk penyeimbang permainan. saat menyerang, pemain belakang bisa maju 1 orang untuk membantu serangan, demikian sebaliknya, saat bertahan, 1 orang pemain depan dapat mundur untuk membantu pertahanan. formasi ini banyak digunakan tim saat bermain futsal biasa, sparing ataupun turnamen. yah ibaratnya formasi umumlah.

1-2-1
formasi dengan 1 pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 1 pemain depan. tujuan dari formasi ini adalah untuk menguasai lini tengah lapangan yang berimbas pada kemudahan supply bola dari tengah ke depan dan menghalau serangan dari tengah lapangan.


2-1-1
2 pemain belakang, 1 pemain tengah, dan 1 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan pertahanan kuat, saat menyerang, pemain bertahan dapat maju ke depan membantu serangan

1-1-2
1 pemain belakang, 1 pemain tengah, 2 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan penyerangan yang kuat, dan memungkinkan untuk mencetak banyak angka jika diterapkan dengan baik.

Strategi

Strategi Melebar 
Strategi ini sangat baik untuk diterapkan pada formasi 2-2, karena setiap pemain bisa melebar ke empat sudut lapangan yang memainkan bola dengan operan di samping lapangan, keuntungan dari formasi ini :
  1. Para pemain tidak terlalu menggerombol di tengah lapangan.
  2. Dengan operan-operan ke samping, pemain lawan akan pontang-panting mengejar bola. hal itu bisa berdampak pada kelelahan pemain lawan.
  3. Saat pemain depan sudah mulai masuk ke daerah lawan, pemain belakan bisa maju dan masuk ke sisi tengah untuk melakukan tindakan berikutnya. bisa melakukan tembakan luangsung, atau mengobrak-abrik pertahanan.
Akan tetapi, strategi ini memiliki kelemahan yaitu saat lawan berhasil memotong operan kita, mereka dapat dengan mudah melakukan dribbling deri tengah ke depan kotak penalty, melakukan tembakan langsung dari tengah, atau memberikan umpan langsung ke depan gawang. jika hal ini terjadi, maka pemain belakang harus sigap menghadang lawan di tengah.

Strategi Bergerombol
Strategi ini diterapkan saat menghadapi lawan dengan pertahanan yang kuat. 3 orang bergerombol di sekitar kotak penalty lawan dan 1 orang dibelakang untuk berjaga. saat kalian sudah memeasuki daerah lawan, akan sangat mudah bagi kalian untuk mengoper teman kalian, dan mudah juga bagi kalian untuk melancarkan tembakan secara bertubi-tubi, karena seandainya diblok oleh kiper lawan, akan ada banyak teman kalian yang akan menyambut bola muntahan tersebut.
Strategi ini memiliki kelemahan, yaitu saat serangan kalian dibendung lawan. kemudian lawan melancarkan counter attack. cukup beresiko membuat gawang kalian kebobolan, oleh karena itu saat lawan melakukan counter attack, maka 1 orang yang dibelakang sebisa mungkin menahan serangan dan 3 orang didepan cepat-cepat mundur untuk bertahan.

Strategi Total Football
Strategi yang diterapkan timnas Belanda di era Johan Cruyff. semua pemain dari segala posisi melakukan serangan, karena menurut strategi Total Football "menyerang adalah pertahanan terbaik." tak ada salahnya menerapkan total Football dalam futsal, hanya saran saya dalam menerapkan strategi yang satu ini jangan disamakan dengan strategi bergerombol, 2 orang didepan melakukan serangan dan 2 pemain ikut membantu dibelakangnya. keunggulan strategi ini yah, serangan menjadi lebih kuat karena semua pemain ikut menyerang, kelemahannya....hmm mungkin saat lawan melakukan counter attack.

Strategi Tika-Tiki Ala Barcelona
Sebagai penikmat sepak bola pasti sudah tahu Tika-Tiki Barcelona, yang akhir-akhir ini santer jadi perbincangan, karena strategi ini menjadi salah satu faktor keberhasilan Barcelona dalam memenangi pertandingan, atau meraih berbagai gelar juara. strategi umpan pendek yang dilakukan dengan teratur dan tenang. saat bola berada di pemain tengah dan ditengah lapangan, pemain-pemain lain ikut bergerak mencari posisi untuk menyerang sehingga bola sudah ada disekitar kotak penalty lawan (dalam futsal). strategi ini banyak diterapkan tim-tim futsal yang berlaga di turnamen-turnamen, dan juga diterpkan saat sparing.
Mengenai kelebihan strategi ini, pemain dapat berman lebih tenang, dan bila diterpkan dengan baik, tim kalian akan memiliki persentase ball possession lebih banyak daripada lawan, yang tentu bisa mmebuat lawan frustasi kalau lawan kalian tidak sabaran. mengenai kelemahan, saya belum bisa memberitahu soalnya setahu saya sampai saat ini belum ada tim yang bisa mematahkan Tika-Tiki Ala Barcelona. hmm... mungkin Total Football kelemahannya...hehehe...


Strategi Negative Football
Strategi ini ditererapkan saat tim kita unggul 2 angka/lebih dari lawan (2-0, 3-0, dsb....). untuk mendapatkan keunggulan angka tersebut, kita harus melakukan serangan terbaik di awal pertandingan untuk mencetak angka, atau memanfaatkan kelengahan lawan di awal pertandingan untuk merebut angka. saat unggul 2 angka/lebih, 3 pemain menggerombol di kotak penalty untuk bertahan sekaligus menutupi gawang. 1 pemain di tengah untuk menahan arus bola dari daerah lawan ke tengah/ daerah tim kalian. strategi ini bermanfaat saat kalian menghadapi lawan dengan tempo permainan cepat, operan-operan teratur, atau yang menggunakan Tika-Tiki Ala Barcelona. ingat pertandingan leg 2 semifinal liga champion 2009/2010 saat Inter Milan mengalahkan Barcelona.

Itu strategi yang saya punya, semoga bermanfaat, dan semoga saya juga menemukan strategi-strategi lain yang lebih bagus. tak berakhti disini, saya juga masih ada hal-hal lain yang dapat dibaca oleh anda

Tips saat bermain futsal
  1. Jangan pernah merasa takut kalau bolamu akan direbut lawan. percaya diri saja.
  2. Saat kamu/temanmu membawa bola, kamu/teman yang lain berusaha mencari posisi yang tepat agar mudah dioper.
  3. Jangan mengoper teman yang sulit dioper, carilah yang posisinya baik untuk dioper. jangan cari cepetnya aja bola sampai ke mulut gawang lawan tetapi belum tentu teman yang didepan bisa nerima operan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar