Syarat sukses menjadi Qori-qori'ah oleh Syekh Hajjaj Al-Hindawi


Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk berbagi artikel tentang Syarat sukses menjadi qori-qori'ah Oleh Syekh Hajjaj Al-Hindawi karena Kita di perintahkan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya “Hiasilah Al-Quran dengan suaramu, karena suara yang merdu akan memperindah Al-Quran”
Tentunya tidak hanya dengan suara yang bagus tetapi harus juga dengan tajwidnya yang baik. Imam Ibnu Al-Jazari mengatakan bahwa bacaan Al-Quran yang dapat memukau dan meluluhkan hati pendengarnya adalah bacaan yang baik dan benar, bertajwid dan berirama yang merdu. Namun walaupun bagus, lagu dan suaranya merdu, tetapi apabila tidak memperhatikan ilmu tajwid, maka hukumnya haram dan berdosa. Melaksanakan tajwid dalam membaca Al-Quran adalah suatu keharusan. Dan barang siapa membaca Al-Quran tanpa tajwid, berdosa hukumnya, karena Al-Quran diturunkan sekaligus disertai tajwidnya.

Bacaan yang bertajwid adalah bacaan yang tepat. Sebab membaca Al-Quran dengan suara yang bagus, lagu yng indah, variasi yang sangat menarik akan tetapi tidak disertai dengan tajwid yang benar, hanya ingin dikagumi oleh pendengarnya saja adalah sangat dilarang keras.
Apakah yang harus dilakukan oleh seorang peqori? Kesuksesan seorang qori tidak dilihat dari seberapa banyak prestasi yang diraihnya, bukan dilihat dari seberapa populernya dia, dan bukan pula dari pangkat kealiman atau gelarnya. Tetapi qori’ yang sukses dalam arti sebenarnya adalah seorang qori’ yang mampu menggetarkan hati orang yang mendengarkan kalam Allah melalui lantunan dari mulutnya. Untuk mencapai hal itu tentunya sang qori’ harus menguasai ilmu-ilmu tentang tilawah, meliputi keindahan suaranya, kemampuan membawakan lagu dan lain sebagainya. Nah, untuk menjadi seorang qori’ yang sukses, Syekh Hajjaj Al-Hindawi  menyebutkan ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh para Quran Lovers(Pecinta Al-Quran) diantaranya:

1. Mementukan hasil.
2. Memiliki niat yang ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah semata, karena niat akan Memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang ilmu tajwid.
3. Memiliki waktu khusus untuk berguru, musyafahah/talaqqi  kepada guru yang ahli alquran.
4. Selalu membaca Al-Quran secara istiqomah.
5. Senantiasa berlatih/mengulang kembali maqro’ yang  telah disampaikan oleh guru secara istiqomah pula.
6. Memiliki kemampuan mengatur suara dari nada rendah ke nada tinggi bahkan nada paling tinggi secara teratur.
7. Mengerti dan memahami ayat yang dibaca, sehingga tepat dalam waqaf dan ibtida’nya serta panjang pendeknya bacaan.
8. Mengerti dan menguasai ilmu naghom, baik secara teori maupun praktek.
9. Memiliki mental yang kuat, berani tampil didepan masyarakat luas.
10. Memiliki ketahanan nafas yang sangat terkendali, karena diharamkan mencuri nafas ditengah ayat.
11. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
12. Mengamalkan akhlak Al-Quran.
  http://i.ytimg.com/vi/Rdw_bHt7R7c/0.jpg
                      Syekh Hajjaj Al-Hindawi
Teknik Olah Vokal para Qori-qori’ah Internasional

Syekh Hajjaj Ramadan Al-Hindawi, Salah satu qori’ mesir yang kaya akan variasi lagu membahas mengenai
Menjaga Suara dan Membentuk kualitas vocal

          Pada saat presentasi atau membacakan ayat-ayat suci Al-Quran, kualitas vocal sangat menentukan keefektifan dalam penampilan. Walaupun komunikasi visual dan verbal merupakan faktor penting tapi kualitas suara juga merupakan faktor yang signifikan. Untuk menjaga kualitas suara agar tetap fit, ada beberapa tips yang dapat digunakan:

1. Latihan secara istiqomah(rutin)
Lakukanlah latihan vocal tertib dimulai dari nada qoror , nawa, jawab, jawabul jawab, hingga murokkab (dari tingkatan terendah hingga tingkatan tertinggi)
 
2. Jangan merokok
Walaupun sebenarnya rokok tidak begitu berpengaruh besar pada suara.
 
3. Miinum air putih yang banyak
Hindari untuk minum air teh, kopi dan alkohol. Dan air bersoda yang terlalu banyak. Lebih baik minum air putih yang banyak. Jika minum air minum kemasan, pilihlah merek-merek yang sudah dipercaya keasliannya dan kualitasnya. Karena tidak semua air mineral baik untuk  tenggorokan kita. Oleh karena itu perlu dicoba, jika ada minuman yang merpengaruh buruk pada tenggorokan anda, jangan diteruskan meminumnya.
 
4. Hindari terlalu lama dalam kondisi cuaca panas-dingin
Menurup penelitian, terlalu lama berjemur di terik matahari dan berdiam di ruangan ber AC dapat menurunkan kualitas suara.
 
5. Hindari makan terlalu malam
Khusus anda yang selalu show dimalam hari, makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna, sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vocal. Idealnya bagi seorang qori’ ,makan malam terakhir adalah jam 8 malam.
Makan malam juga bisa membuat badan menjadi gemuk, jika badan kita kegemukan, maka akan mengakibatkan suara menjadi berat, dan pernafasan menjadi sesak tersengal-sengal. Keinginan untuk makan malam bisa digantikan dengan buah-buahan seperti jeruk dsb.
 
6. Jangan banyak bicara
Hindari terlalu banyak bicara yang tidak ada manfaatnya, berteriak, berorasi dan lain sebagainya. Hal ini akan menghilangkan kelembutan, kejernihan dan kesyahduan suara anda. Akibatnya suara akan menjadi kasar, tidak bening dan kurang sedap untuk didengar.
 
7. Mengontrol stress
Stress yang berlebihan dapat mengurangi kualitas suara, gunakan teknik relaksasi dan pernafasan untuk mengontrol stress, sehingga aliran darah yang mengalir ke sekujur tubuh dapat terkontrol dan semua organ tobuh anda bekerja dengan baik(termasuk tenggorokan).
 
8. Puasa beberapa jam sebelum”show”
Hindari makan dan minuman yang merangsang tenggorokan, terutama sebelum tampil, seperti makanan-makanan yang berminyak, mengandung serat, atau yang berbentuk bubuk. Agar tidak mengganggu penampilan suara anda.
 
9. Jaga kesehatan dan stamina tubuh
Selain olahraga, istirahat yang teratur , penuhi gizi yang dibutuhkan tubuh, agar kesehatan dan stamina tetap terjaga, karena dalam bersuara kita akan mengeluarkan energi yang cukup besar.
 
10. Jaga kestabilan mental
Hilangkan perasaan grogi, nervous, kurang PD, malu dan kawan-kawannya. Karena hal ini yang mengakibatkan kerusakan paling fatal, suara anda akan menjadi berantakan.
Disamping tips-tips diatas ada satu hal yang lebih penting lagi yaitu tawakkal,  berserah diri kepada Allah serta memohan agar usaha anda tercapai. Dan yang tak kalah wajibnya, niatkanlah semua usaha anda semata hanya karena Allah SWT.

Demikian artikel mengenai Syarat sukses menjadi qori-qori'ah Oleh Syekh Hajjaj Al-Hindawi. Semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : http://kafeilmoe.blogspot.com/2012/08/syarat-sukses-menjadi-qori-qoriah-oleh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar