Review Kamen Rider Zero One Episode 30: Comeback Aruto dan Rising Hopper!

Zero one berusaha melindungi Izu yang akan dihancurkan Thouser. credit: jefusion.com

Halo minna-san!! Kali ini saya bakal review Kamen Rider Zero One Episode 30. Yap, episode ini menjadi pembuka arc baru di serial Zero One, di mana sebelumnya Amatsu Gai dan ZAIA Enterprise berhasil mengambil alih perusahaan Hiden Intelligence dan Aruto pun terpaksa mundur dari jabatannya sebagai direktur perusahaan warisan kakeknya tersebut. Sekarang, Aruto menghadapi babak baru dan itu semua dimulai kembali dari nol. Amatsu Gai sebagai pimpinan baru Hiden Intelligence berniat untuk memusnahkan semua humagear. Namun, Aruto berusaha untuk membawa humagear yang dibuang untuk dirawat dan diperbaiki.

Aruto Bertemu dengan Jin

Jin dan Aruto (credit: jefusion.com)
Pertemuan antara Aruto dan Jin ini membahas mengenai keinginan dari mereka berdua terhadap keberadaan humagear. Jin berpikir bahwa saat semua humagear yang merupakan temannya termasuk metsubojinrai.net lebih baik menghancurkan manusia. Namun, Aruto menyadarkan Jin setelah memberitahu bahwa yang Jin lakukan hanyalah menyakiti humagear dan itu tidak mencerminkan perbuatan seorang teman. Akhirnya Jin mengerti setelah kalah dari Aruto.

Jin menyadari bahwa pertemanan antara humagear dan manusia tidaklah berbeda. Manusia harus memberikan kebebasan kepada humagear, tidak hanya menjadikan mereka sebagai alat saja. Kemudian Aruto menyanggah pernyataan Jin tersebut. Ia merasakan apa yang humagear rasakan, ia paham betul karena sejak kecil Aruto dirawat dan dibesarkan oleh humagear tipe ayah, yaitu Hiden Soreo. Ayahnya inilah yang menyelamatkannya dari kejadian day break 12 tahun silam.

Ada fakta menarik di sini. Banyak yang bertanya mengapa ayahnya Aruto tidak dibangkitkan lagi saja karena ia adalah humagear? Eitss, tidak semudah itu. Pertanyaan tersebut dijawab di episode ini yang mengungkap fakta bahwa ternyata data back up ayah Aruto hancur bersama satelit Ark saat insiden itu terjadi. Bagi Aruto, kematian manusia bukanlah hal yang berbeda dengan kematian humagear. Oleh karena itu, Aruto menganggap bahwa humagear dan manusia itu sama dan ia menghargainya. Humagear dan manusia sama-sama memiliki hati dan perasaan. Itulah sebabnya Aruto datang menemui Jin.

Humagear Akan Dimusnahkan, Lagi-lagi Fuwa vs Yua

Kamen Rider Rampage Vulcan vs Fighting Jackal Rider (credit: jefusion.com)
Amatsu Gai mengubah sistem manajemen di perusahaan Hiden Intelligence dengan cara memusnahkan semua humagear yang masih ada dan menggantinya dengan ZAIA Spec. Semua data humagear akan dihancurkan. Demi melancarkan rencana tersebut, Amatsu Gai yang telah menguasai berbagai sektor, termasuk A.I.M.S., meminta pasukan AIMS bersama dengan Yua Yaiba sebagai tangan kanannya untuk mencari dan menghancurkan humagear yang masih berkeliaran. AIMS sudah dilengkapi dengan teknologi raid riser dengan progrise key horsecrab.

Fuwa datang ke tempat di mana Yua dan pasukan AIMS akan menyerang Jin. Yua pun heran dan bertanya mengapa bisa ia datang ke tempat itu? Ternyata Fuwa masih memiliki radio headshet walaupun ia bukan lagi sebagai pemimpin pasukan AIMS. Kang Barbar mantap juga ya wkwk. Fuwa masih ingin mendengar impian dari Yua yang masih abu-abu dan tidak jelas. Yua malah bertanya balik kepada Fuwa, mengapa ia berhenti menjadi anggota A.I.M.S? Seperti yang kita tahu, bahwa keinginan Fuwa selama ini kan adalah menghancurkan semua humagear.

Dalang utama dibalik kekacauan ini adalah ZAIA, begitu kata Fuwa. Ia pun berkata bahwa jika saja Ark tidak diaktifkan kembali, maka semua itu tidak akan terjadi. Lalu Fuwa berniat untuk menghancurkan dan mengalahkan ZAIA. Mereka berdua akhirnya henshin dan bertarung kembali. Rampage Vulcan vs Fighting Jackal Raider, sudah ketahuan lah ya siapa yang akan menang. Kekuatan final form dari Vulcan ini sungguh kuat dan luar biasa sehingga dengan mudah dapat mengalahkan Yua dan pasukannya. Akhirnya, Jin berniat untuk membawa semua humagear yang ditahan dan berhasil membawa Izu dan zero one driver dari kantor Hiden Intelligence.

Aruto Diberitahu Tentang Chip oleh Fuwa 

Semua data humagear termasuk back up datanya akan dihapus oleh Amatsu Gai. Ia sudah merencakan hal tersebut bersama Yua dengan memasukkan program ke satelit Zea.

Fuwa menceritakan tentang chip kepada Aruto. Selama ini ia dan Yua sudah dikendalikan oleh Amatsu Gai melalui chip yang dipasang di otak mereka. Namun, Fuwa tidak bisa dicuci otak oleh ZAIA. Ini jadi pertanyaan sih, mengapa Fuwa bisa mengendalikan dirinya ya, padahal ia juga dipasang chip seperti Yua? Episode ini belum menjelaskan alasannya.

Aruto bertanya apakah Fuwa-san serius bertarung melawan ZAIA? Ya, jawab dari Fuwa. Aruto pun mengatakan hal yang sama bahwa ia akan berusaha bertarung juga melawan ZAIA setelah apa yang terjadi pada dirinya sekarang. Itu semua dilakukannya untuk melindungi humagear.

Jin Membawa Izu dan Hiden Zero One Driver


Jin menyelamatkan Izu dan membawa hiden zero one driver ke tempat Aruto. Semua itu bukan karena ia ingin membantu Aruto, itu adalah keinginannya sendiri. Aruto bersyukur bahwa Izu bisa diselamatkan oleh Jin. Kemudian Aruto mengeluarkan progrise key humagear Izu yang sudah diback up olehnya, sehingga Izu bisa kembali hidup. Setelah Izu bangun, Aldi Taher (kalau kata Agan Reza wkwk) alias Jin membawa lari Izu dan mempertanyakan soal pilihan untuk bisa hidup bebas dan tidak terbawa oleh kehendak Zea ataupun Ark.

Humagear Berhak untuk Hidup Bebas 


Jin juga menjelaskan bahwa dia sudah tidak terhubung dengan Ark maupun Zea, karena itu adalah otonom humagear. Jika singularitas terjadi, maka mereka akan mendapatkan kebebasan. Aruto yang baru sampai membenarkan pernyataan Jin bahwa humagear berhak bebas menentukan pilihannya. Namun, Izu yang memang dibuat untuk menjadi sekretaris sachou, tetap saja harus mengikuti 'takdir'nya sebagai sekretaris, tidak peduli siapapun direkturnya. Lalu Amatsu Gai dan pasukan AIMS datang, bukan untuk membawa pulang Izu, ia ingin menghancurkan Izu, sama seperti di episode sebelumnya yang mengendalikan Fuwa untuk menghancurkan Izu. Tanpa ragu, pasukan AIMS langsung menembak Izu. Begitu peluru meluncur deras dari pistol tersebut, Aruto langsung dengan sigap melindungi Izu dengan menahan peluru tersebut dengan tubuhnya.

Data Tetaplah Data 


Amatsu Gai yang berniat menghancurkan semua data humagear, bertanya kepada Yua apakah pekerjaannya sudah selesai. Yua menjawab soal itu, bahwa tidak ada data humagear di satelit Zea. Tentu saja tidak ada, jawab Aruto. Semua data humagear ternyata disimpan di dalam baju Aruto. Menurutnya, data tetaplah data :v Adegan ini lucu sih wkwkwk, 'data' tetaplah 'data' dengan konyolnya Aruto berkata seperti itu. Aruto kemudian berterima kasih kepada Mamoru sebagai security guard progrise key karena berhasil melindunginya dari peluru tersebut. Semua orang terdiam termasuk Amatsu Gai yang tidak menyangka bahwa Aruto sudah sejauh itu memikirkan untuk mem-back up data humagear.

Thouser Menyerang Izu dan Aruto

Thouser melawan Metal Cluster Hopper (credit: jefusion.com)
Sebelumnya, Aruto mempertanyakan sachou katamu ?! Sachou bukanlah orang yang memanipulas manusia untuk keinginan diri sendiri. Hati itu bukan milik siapapun. Hati manusia dan humagear itu milik mereka sendiri. Eh, Amatsu Gai langsung bilang terserah gue dong mau ngelakuin apapun, perusahaan-perusahaan gue. Wkwkwkwk. Henshin dah Amatsu Gai jadi Thouser.

Begitu mereka henshin, Jin melawan pasukan AIMS, sementara Aruto langsung mengambil hiden zero one driver dan rising hopper progrise key. Thouser berkata apa yang Aruto lakukan, ia sudah tidak bisa mengakses zero one driver karena ia bukanlah direktur Hiden lagi sekarang. Benar saja, Aruto tidak bisa berubah menjadi zero one. Dengan wujud manusia, Aruto mendorong Thouser dan berusaha melawan untuk menjauhi Izu. Izu yang terdiam mengingat pertama kali Aruto berubah menjadi zero one di episode 1. Saat itu, Aruto berkata mimpi seseorang itu harus dicapai dengan usaha, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Thouser Kalah Lagi Melawan Metal Cluster Hopper 

Metal Rising Impact! (youtube.com)
Metal Cluster Hopper mengalahkan Thouser (credit: jefusion.com)

Aruto kembali berusaha melawan Thouser. Thouser langsung melakukan finishing Jacking Break di saat Aruto melindungi Izu. Tiba-tiba saja, Aruto berubah menjadi zero one di momen yang tepat dan berhasil melindungi Izu. A jump to the sky turns to a rider kick! Zero one rising hopper comeback! Akhirnya setelah lama Aruto menggunakan metal cluster hopper, rising hopper kembali muncul dan comeback di arc baru ini. Woww, keren banget dah.

Kok bisa? Kata Thouser bingung woy senpasento. Aruto lalu mulai menyerang dengan berkata yang bisa mengalahkanmu hanyalah seorang, yaitu ore da (aku) ! Dengan gaya pertarungan yang baru, Rising hopper mampu mengimbangi perlawanan dari Thouser. Banyak yang bilang, kenapa rising hopper yang basic form bisa ngimbangin Thouser? Padahal kekuatannya jauh banget bedanya. Nah, ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh semangat Aruto untuk melindungi Izu dan perasaannya untuk mengalahkan ZAIA. Lalu, Aruto berubah menjadi metal cluster hopper dan mengalahkan Thouser secara telak dengan metal rising impact yang mirip dengan finishing dari kamen rider Faiz, seperti kerucut vortex gitu. Lagi-lagi, Thouser kalah telak dan Amatsu Gai pulang dengan baju compang-camping wkwk. Amatsu Gai sangat bingung dan tidak menyangka senpasento  (1000%) kenapa Aruto bisa berubah. Itu tidak masuk akal.

Perusahaan Baru, Sachou Baru

Zero One Rising Hopper dan Izu (credit: jefusion.com)

Ada fakta menarik juga saat Izu sedang diam dan headsetnya terus bunyi dan menyala. Ia ternyata sedang registrasi online ruang guru wkwk, bukan deng tapi sedang mendaftarkan Aruto sebagai direktur dari perusahaan baru yang bernama Hiden Manufacturing.

Izu menjawab pertanyaan Amatsu Gai mengapa Aruto bisa berubah. Ternyata satelit Zea telah mengakui bahwa Aruto adalah orang yang dapat membuka masa depan yang cerah bagi AI (Artificial Intelligence), sebagai Zero One. Jadi, pada saat Aruto bertarung tadi, Izu terhubung dengan internet untuk membuat perusahaan dan sistem yang baru, menjadikan Aruto sebagai sachou baru. Sejak awal, ternyata teknologi humagear dan zero one system ini adalah impian dari Hiden Korenosuke yang diwariskan kepada cucunya, Aruto Hiden. Aruto memuji Izu karena telah membantunya. Izu menjawab itu semua karena ia adalah sekretaris Aruto Sachou. Tak disangka, ternyata Izu sudah mencapai singularitasnya!

Jin dari kejauhan melihat apa yang sudah dilakukan Aruto. Sepertinya, ia mulai terbuka pikiran dan hatinya untuk mengakui bahwa Aruto memang ingin menyelamatkan humagear. Tiba-tiba, Horobi datang dan bertanya kepada Jin, apakah ia tahu akibatnya setelah apa yang ia perbuat. Jin hanya baru tahu bahwa Zero one merupakan orang yang bijak. Saat Horobi berkata Jin telah berteman dengan manusia, Jin membantahnya dan ia tidak ingin berteman dengan Zero One. Ia hanya ingin mengambil kembali data dan membebaskan humagear. Akhir scene di episode ini menunjukkan gedung perusahaan baru Aruto, yaitu Hiden Manufacturing.

Perusahaan baru Aruto, Hiden Manufacturing
Preview Episode 31. Hiden Manufacturing mulai, Impian A.I. Menciptakan Keajaiban. Capailah menuju Mimpi Mu! Ciao! Ja, matane :D

0 Comments

S Pink Premium Pointer Cool Blue Outer Glow Pointer